Keberhasilan pembangunan dewasa ini sangat tergantung kepada keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM). SDM yang berkualitas merupakan faktor penunjang bagi kemajuan dan keberhasilan pembangunan suatu bangsa. Tanpa SDM yang berkualitas, mustahil bagi suatu bangsa dapat mencapai kemajuan dalam segala bidang kehidupan.

Ketersediaan SDM yang berkualitas tentunya merupakan tanggung jawab fundamental bagi suatu lembaga pendidikan. Hal tersebut bukanlah perkara yang mudah dan sederhana, tetapi persoalan yang memerlukan upaya yang serius dan sungguh-sungguh dalam menanganinya. Pendidikan yang fundamental berkaitan langsung dengan pembentukan kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik secara komprehensif, yang harus mendapat perhatian serius bagi para pendidik, pimpinan lembaga pendidikan dan masyarakat umum sebagai pengguna jasa kependidikan (costumer).

Harapan inilah yang menjadi tujuan utama pendidikan sebagaimana tercantum pada pembukaan UUD’45 dan UU Sistem Pendidikan Nasional No. 2 tahun 1989.

Pendidikan sejatinya harus mampu menumbuhkan jiwa patriotik dan kesetiakawanan sosial yang tinggi pada peserta didik. Hal ini mengandung makna bahwa perlu dikembangkan iklim belajar mengajar yang kondusif dan dapat mengembangkan serta menumbuhkan rasa percaya diri tinggi. Selain itu juga, para pendidik harus mampu menciptakan suasana Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan (PAIKEM).

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di jenjang pendidikan dasar, perlu ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai, sebagai penunjang belajar dan mengajar di sekolah, sehingga tumbuh rasa bangga dan percaya diri pada siswa/santri dan mereka akan merasa betah selama berada di sekolah tersebut.

Mencermati harapan-harapan di atas dan melihat kondisi riil MA PPKP Ribathul Khail Tenggarong, yang sudah berkiprah sejak tahun 1979 dalam membina dan mendidik para MA PPKP Ribathul Khail Tenggarong sebagai calon-calon pemimpin bangsa dimasa mendatang, kami merasakan tantangan yang sangat berat, sementara sangat perlu sekali bantuan dana sebagai penunjang pembelajaran di MA PPKP Ribathul Khail Tenggarong.

Kondisi saat ini sebagai penunjang pembelajaran seperti ini bukan berarti kurang mendapat perhatian, baik dari pihak Yayasan, Madrasah maupun masyarakat, namun karena kemampuan yang sangat terbatas, kami hanya bisa berpangku tangan, sambil tetap berupaya untuk menjaga kelangsungan KBM dan senantiasa memiliki sikap optimisme yang besar, bahwa kelak akan ada pihak yang peduli dengan kondisi tersebut.

Padahal, jika melihat kiprah dan keberhasilan para siswa/santri didik yang telah dan sedang menempuh pendidikan di MA PPKP Ribathul Khail Tenggarong, sudah memberikan prestasi yang pantas dibanggakan. Dalam beberapa perlombaan yang diikuti oleh siswa/santri kami, baik bidang akademis maupun umum, telah menyumbang kejuaraan yang membanggakan. Apalagi para alumninya yang kini telah duduk di jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan yang sudah berkiprah di masyarakat, pun banyak yang pantas dibanggakan. Hal ini merupakan wujud keberhasilan pendidikan di MA PPKP Ribathul Khail Tenggarong. Walapun dengan dana yang sangat terbatas.

Oleh karena itulah, diharapkan MA PPKP Ribathul Khail Tenggarong tidak tertinggal terlalu jauh dari sekolah-sekolah/madrasah-madrasah setingkat lainnya dan mampu menyongsong tantangan kehidupan di masa depan yang lebih kompleks dan berat. Insya Allah.